Enjoy it

Jumat, 30 Oktober 2015

Seperti apa sagu?

Sagu merupakan makanan pokok bagi masyarakat di Maluku dan Papua yang tinggal di pesisir. Sagu dimakan dalam bentukpapeda, semacam bubur, atau dalam olahan lain. Sagu sendiri dijual sebagai tepung curah maupun yang dipadatkan dan dikemas dengan daun pisang. Selain itu, saat ini sagu juga diolah menjadi mi.

Sagu (Metroxylon sp) tumbuh daerah yang tergenang air atau tergenang secara periodik. Hidupnya di daerah-daerah berawa yang disebut juga hutan rawa. Sagu merupakan hasil hutan non kayu yang sejak dari dulu sudah dimanfaatkan sebagai sumber makanan. Di Maluku, Sagu tumbuh dengan sendirinya hutan-hutan rawa, pada daerah dataran rendah tumbuh di belakang hutan mangrove. 


Seberapa besar pohon sagu itu? Bisa dilihat pada gambar berikut ini.


SAGOO PIRU
Pohon Sagu di Pinggir Jalan Piru

Proses pohon sagu diambil patinya

SHIFT SSCX News Pabrik Sagu


Pohon sagu banyak ditemui di daerah Indonesia bagian timur. Disana ada Pohon sagu terbesar yang bisa dilihat, bila kita berpergian ke Negeri Eti, Kabupaten Seram Bagian Barat: Provinsi Maluku. Tingginya kurang lebih 10 m dan diameter sebesar 250 cm.
big sagoo

Jika pohon sagu ini diperas patinya dihasilkan berapa banyak ya?.

Bila diperhatikan secara seksama, dapat diketahui bahwa itu bukanlah pohon sagu sungguhan tapi hanyalah sebuah menara gereja yang dibuat menyerupai pohon sagu.
big sagoo


Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Sagu
http://www.irwantoshut.com/big_sagoo.html
https://Fimapa-bogor.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar